Wisata Agro

Diposkan oleh M.E.Afriyanto


Kebun Nanas


Selain kebun lada putih dan karet di Kabupaten Bangka Tengah, kebun nanas juga merupakan salah satu sektor agro yang mempunyai daya tarik sendiri salah satunya terletak di desa kurau kecamatan koba, para pengujung dapat membeli dengan langsung memetik dikebun dan memakannya dengan buah yang besar dan manis.





Kebun Kelapa Sawit

Kelapa sawit yang tersebar di beberapa tempat di Kabupaten Bangka tengah menarik untuk di kunjungi, dengan pemandangan yang luas.






Kebun Lada Putih

Kepulauan ini terkenal dengan kebun lada putihnya. Salah satunya di Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis. Dengan hamparan perkebunan lada yang luas para pengunjung dapat melihat langsung bagaimana lada putih ini diproses dari pemetikan, perendaman, pengeringan hingga siap dipasarkan.


This entry was posted on 23.34 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Poskan Komentar (Atom) .

1 komentar


Sujasmir H 25 Mei 2016 06.32
NANAS DUNIA Bangka Selatan
Bangka selatan bangka belitung sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai daerah agribisnis holtikultura dengan budidaya nanas. Bupati bangka selatan H Justiar Noer sangat antusias untuk program kerakyatan ini yang akan menghasilkan pendapatan rakyat pasca tambang timah. Nanas bagi bangka selatan merupakan tanaman andalan selain lada/ sahang.

Nanas adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki kandungan air 90% dan kaya akan Kalium, Kalsium, Iodium, Sulfur, dan Khlor. Selain itu nanas juga kaya akan Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromelin.
Cara tanam, tiap baris pada jarak 60 cm x 60 cm dan jarak antarbaris 150 cm. Namun, nanas dapat pula ditanam pada jarak antara 30-40 cm. Semakin rapat jarak tanamnya, buah yang dihasilkan semakin kecil.

Tanaman nanas memang membutuhkan tanah yang gembur dan kaya akan bahan organik, seperti yang terkandung dalam tanah daerah bangka selatan sekitar gadung, bikang, jeriji, serdang dll. Disamping itu, tanaman nanas juga membutuhkan curah hujan yang merata sepanjang tahun dengan suhu optimum 32°C, sesuai dengan kondisi geografi bangka belitung. Pertumbuhan yang optimum dapat terjadi pada ketinggian antara 100-700 m di atas permukaan laut dengan hujan banyak. Bila ditanam di daerah kering, tanahnya harus memiliki sistem pengairan yang baik. Kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 150 cm. Tanah harus ringan hingga sedang dengan tekstur setengah berat atau liat, porous, clan berhumus banyak. Derajat keasaman.

Cara panen, terdapat ciri-ciri seperti jarak antara mata/duri sudah cukup lebar, bentuk mata datar/ceper, agak membundar, ujung kelopak telah mulai mengering; bau/aroma mulai harum; dan dasar buah telah mulai menguning maka tanaman telah tua/masak secara fisiologis. Buah nanas harus dipanen setelah tua benar atau matang pohon.. Bila dipukul (diketuk) akan mengeluarkan suara menggema. Bulan-bulan panen besar adalah Desember, Januari, dan Juli. Untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan mutu buah maka sebaiknya dilakukan peremajaan setelah umur tanaman 2 tahun
Keuntungan usaha, Analisa usahatani di bangka selatan: terdapat 20.000 tanaman/ha, maka keuntungan bersih yang diterima petani Rp7,3 juta/musim dengan asumsi harga rata-rata Rp 1.000,-/buah, biasanya terendah Rp 500,-dan tertinggi Rp 2.500,- Implementasi teknologi pengolahan dodol nanas yang berkembang mempunyai keunggulan karena teknologinya sederhana, bau/aroma khas, dan dapat bertahan sampai jangka 3-5 bulan bila pengolahannya baik. Saat ini sudah terdapat produk dodol nanas untuk skala rumah tangga dengan omzet 30 – 40 kg/bulan. Keuntungan bersih dari pengolahan 10 kg nanas yaitu sebesar Rp109.900,-
Berbagai inovasi teknologi tentang tanaman nanas, baik budidaya maupun pasca panennya perlu dimasyarakatkan kepada petani agar pendapatannya dapat ditingkatkan. Nanas sangat mudah ditanam dan dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi.

Menurut sujasmir hamid, managing natural industry yang berkantor di brunei darusalam, Jenis nanas bangka selatan adalah dari Varietas cultivar golongan Cayene (daun halus, tidak berduri, buah besar), Queen (daun pendek berduri tajam, buah lonjong mirip kerucut) Varietas cultivar. Untuk kebutuhan industri pengalengan (canning) biasanya diperlukan buah berukuran kecil (jarak tanam 30 cm x 40 cm) silindris. Pupuk kandang yang diperlukan 5-10 kg per lubang tanam. Pupuk buatan yang digunakan yaitu 300 kg urea, 600 kg TSP, dan 300 kg KCl per hektar per tahun.
Kondisi lainnya yang tidak kalah penting adalah permintaan konsentrat nanas dunia yang terus meningkat dan harga jual yang tinggi sejalan dengan peningkatan permintaan luar negeri, seperti Eropa dan Amerika, terutama daerah belanda yang banyak konsumsi nanas bangka selatan.